Wednesday, June 11, 2008

Kamar Cewek Nggak Harus Pink

Kamar yang dirancang untuk anak perempuan ini didominasi hijau pupus. Warna ini diterapkan di berbagai elemen, seperti dinding dan seprai. Agar lebih menarik, salah satu dinding diberi wallpaper bermotif garis. Gorden pun diberi motif kotak-kotak.

Walaupun tidak mendominasi, penggunaan motif di sebuah ruangan bisa menimbulkan kesan tertentu. Motif garis vertikal membuat ruang terasa lebih tinggi. Namun jika garis-garisnya terlalu banyak dan rapat, akan membuat ruang terasa lebih sempit. Sebaliknya, motif garis horizontal akan menimbulkan kesan rileks, ruang terasa lebih luas tapi sekaligus juga membuat ruang terasa rendah. Sedangkan motif garis lengkung terlihat dinamis dan bergerak.

Jangan memadukan terlalu banyak motif karena akan membuat anak bingung dan sulit untuk beristirahat. Namun jangan juga menggunakan motif yang sama di seluruh elemen ruangan, karena hanya akan menimbulkan kesan monoton. Yang paling baik untuk kamar tidur adalah motif-motif sederhana seperti garis lurus atau bunga-bunga.

Sesuaikan juga motif dengan luas ruangan. Ruang yang sempit sebaiknya jangan menggunakan motif-motif yang berukuran besar karena akan memenuhi ruang. Sebaliknya, motif kecil di ruangan yang besar akan terlihat “hilang”.