Wednesday, July 2, 2008

Kesan Luas Warna Abu-abu

Dapur mungil yang didesain dengan model U ini terletak di antara ruang garasi dan area servis. Dapur tanpa sekat terhadap ruang makan. Hasilnya, ruang optimal sekaligus tetap enak dilihat.

Fokus utama adalah area mencuci. Kabinet berpintu kaca buram berada tepat di tengah kitchen set. Berfungsi sebagai rak pengering piring, area ini dilengkapi dengan sink satu lubang. Selain hemat ruang, lubang bassin berukuran 60 cm x 70 cm itu cukup praktis dipasang di area terbatas.

Kitchen set dipilih dalam dominasi warna abu-abu muda dengan lis kabinet berwarna gelap. Gradasi warna kelabu dikombinasikan dengan warna granit hitam pada permukaan meja kerja. Tampak serasi.

Area memasak diposisikan menghadap ke luar rumah. Sebuah jendela yang menghadap ke garasi terpaksa ditutup sebagian dengan kabinet gantung. Maksimalisasi ruang ini tidak mengganggu fungsi jendela sebagai jalur sirkulasi udara.

Kabinet yang terletak di sudut ruang kadang sukar difungsikan. Oleh sang desainer, kabinet itu lalu dibuat berpintu lipat agar fungsinya maksimal.

Dapur dengan ruang terbuka ini memungkinkan perolehan pencahayaan tambahan dari ruang-ruang di sekitarnya. Hanya dengan satu titik lampu membuat dapur cukup terang.

Begitu pula dengan sirkulasi. Cookerhood dan sepasang pintu yang saling berhadapan di area dapur membuat udara tidak pengap dan senantiasa selalu kering.