Sunday, February 1, 2009

Sentuhan Etnik pada Foyer Futuristik

BOSAN dengan penataan ruang yang biasa-biasa saja? Sesekali tak ada salahnya mencoba sesuatu yang berbeda. Menyandingkan elemen tradisional dengan elemen modern pada satu ruangan, misalnya. Bisa menjadi sesuatu yang pantas dicoba.

Sebagai gambaran, Anda bisa melihat foto foyer di samping. Dominasi warna keperakan (silver), seharusnya menjadikan foyer ini tampil modern futuristik. Namun kesan tersebut berubah dengan "kehadiran" sebuah artwork bergaya etnik di atas buffet.

Artwork kerajinan khas Toba, Sumatera Utara, tersebut memberikan sentuhan tradisional pada foyer. Hasilnya, dua gaya yang bertolak belakang tersebut, tampil sama-sama menarik. Dominasi warna silver dari buffet dan bingkai lukisan, justru menonjolkan keunikan artwork bergaya etnik tersebut.

Sedangkan sentuhan tradisional dari artwork yang sepintas tampak kecil dan sepele, dapat menyeimbangkan tampilan ruangan. Bayangkan jika artwork tersebut tidak ada. Tampilan foyer bisa jadi tampak kaku dan dingin. Oleh karena itu, foyer membutuhkan sedikit "kehangatan" yang dihadirkan oleh artwork bergaya etnik tadi.